Cara Mengatasi Laptop Lambat Atau Lag

Cara Mengatasi Komputer Lambat Atau Lelet -
 Hey all, Saya sultan atau kim. Sebagai ahli program technique akan memberikan beberapa cara mengatasi laptop atau komputer lambat. yang mungkin di sebabkan oleh software atau hardware. saya pernah beberapa minggu yang lalu mengunjungi sebuah warnet. saya pesen ama OP nya sejam

setelah menghidupkan komputernya. saya langsung open google chrome (ini browser kesukaan saya) loading nya agak lama sih. saya tunggu dan tunggu hingga 6 menit kira2 baru bener bener terbuka. saya pun bingung kok bisa lambat kali yahh. saya cek task manager nya. WeW virus menumvuk eyahh
Terus saya cek komputer nya . Local C nya penuh hanya sisa 100 mb. sedangkan local D nya masih tersisa 2 gb. padahal Ukuran hard disk nya 300 gb kok penuh tuh !!.

Karna hal tersebut saya mengimpulkan bahwa Hard disk nya udah bener2 full . udah parahh . bisa aja tu hard disk rusak. dengan kejadian tersebut dan banyaknya keluhan temen saya yang katanya laptopnya lambat gak jelas.
beberapa bisa dengan mudah saya perbaiki . dan beberapa lagi agak lama yaa.

bagi kalian yang laptop atau komputer nya lambat., Check This Out !!


1. Task Manager


Silakan buka task manager dengan Menekan Ctrl + Alt + Delete . dan klik tab Performance lihat Cpu usage. apabila tinggi maka kemungkinan anda menyalakan Game besar atau Virus atau juga Prosessor yang Hang. lalu anda bisa klik tab prosesses dan matikan proses yang kira2 mencurigakan. Apakah ada perubahan ?


2. Ms Config


Anda bisa membuka msconfig dengan cara menekan tombol windows + R. dan ketik "msconfig" tanpa tanda seru lalu enter. di tab general anda bisa memilih selective starup dan hilangkan tanda di original boot configuration.
lalu di tab service anda klik hide all microsoft service dan disable sevice yang mencurigakan. lalu di tab startup anda disable juga yang kira2 mencurigakan. restart pc agan. Apakah ada perubahan ?


3. CCleaner


Kita akan menggunakan ccleaner untuk pembersihan data yang membuat lambat. klik analyze dan tunggu. lalu run cleaner. setelah itu anda klik tab registry dan scan for issues . lalu klik fix selected issues.. dan anda backup dulu. lalu klik fix all. Apakah ada perubahan ?


4. Check Hard Disk


cek hard disk juga merupakan langkah penting. jika hard disk anda merah anda harus menghapus beberapa file atau folder bahkan software untuk mempercepat kinerja hard disk. jika hard disk anda sudah merah atau full wajar saja lambat. tapi anda juga harus tau mungkin hard disk anda rusak atau Bad sector. jika sudah menghapus file atau folder tak penting. Apakah ada perubahan ?


5. Menghapus Software


Seperti biasanya software aneh dan tak penting juga dapat membuat komputer pusing. anda bisa membuka control panel > Program dan lihat beberapa software yang tak penting atau aneh. silakan di uninstall . Tapi saya merekomendasikan anda untuk menguninstal dengan Revo Uninstaller. anda bisa mencari di google. revo dapat menghapus software hingga ke akar2 nya.
Apakah ada Perubahan?


6. Defragment Hard Disk


Defragmen disk apakah anda tahu. alat ini adalah alat untuk memperbaiki system defragment hard disk yang terlalu sering instal dan uninstal software. dengan ini anda akan mendapatkan data hard disk yang lebih segar dan teratur.
Jika anda telah Fragment Hard disk . Apakah ada perubahan ?


7. Virus Atau Malware


Virus atau malware adalah program yang merusak, mengintip, menukar data untuk suatu tujuan. seperti merusak hard disk atau menyisipkan keylogger password ke data dan mentransfer ke pemilik virus. virus yang merusak juga sangat banyak varian nya. seperti trojan.A , ramnit , sality , AutoIt, dan banyak lagi. ini tentu merugikan. Jadi anda harus memeriksa virus di pc anda . bisa memakai smadav, eset, avira ataupun avg. saya sih menyarankan eset dan smadav soal nya eset mampu meremove banyak varian virus dan smadav juga sangat ringan. sesudah anda menghapus virus apakah ada perubahan ?


8. Hardware


Hardware juga salah satu penyebab lambat nya laptop atau pc anda. mungkin laptop atau komputer anda sudah berumur 5 tahun atau 7 tahun wajar saja jika ada lambat2 nya. dan anda juga harus memeriksa beberapa hardware. seperti kemasukan Debu yang membuat pc panas. hard disk yang sudah berumur.
dan prosessor yang sudah low. jadi anda bisa memeriksa dan memperbaiki atau mengganti dengan yang baru. 



Sekian dari saya. apakah pc anda sudah membaik. semoga bermanfaat !!




Kunjungi yaa : Blog Sahabat




Anda bisa bertanya atau berkomentar dengan jujur 




Keyword Search : cara memperbaiki laptop lambat . cara memperbaiki laptop lelet . cara mengatasi laptop lag . cara mengatasi komputer  lambat . cara mengatasi komputer lelet

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Malware emang bener2 nyusahin gan

    ReplyDelete
  3. saya coba 1 per 1 dulu

    ReplyDelete
  4. Gan vga itu pengaruh ya,bagaimana cara mengupgradenya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Masalah Steam Stuck Installing Update

9 Software Termudah dan Terbaik Untuk Membuat Game

Cara Mempercepat Sekaligus Mengatasi Lag Pada Game